Grosir Foto Yang Oke Oke

NOSTALGIA YUK............

Soundtrack Klip Drama Silat Mandarin Kenangan Soundtrack Klip Telenovela Kenangan Soundtrack Klip Serial Barat Kenangan Mp3 90an Foto Iklan Jadul 80 90 an
LIFESTYLE
Kacamata Selebritis

Model Gaya Rambut Pria Lelaki Cowok

Gambar Mata Uang Populer Dunia

Model Gaya Rambut Wanita

Artis Dugem

SPG Korea

Merk Mobil China Paling Top

Mobil Kenegaraan Dunia

PGP Search Engine

Custom Search

October 20, 2008

Tips Trik Kredit Motor

Aneka informasi simple tentang prosedur kredit motor.

Jika anda ingin memiliki motor atau lengkapnya kendaraan roda dua bermotor baik baru maupun bekas tapi tidak ingin bayar kontan maka pembiayaan lewat jasa lembaga leasing motor adalah solusinya. Beberapa nama lembaga leasing finance yang cukup terkenal antara lain Adira Finance, WOM Finance, FIF, Summit Oto Finance ( Oto Finance ), NSF, Busan Auto Finance ( BAF ), Suzuki Finance, dll.

Syarat standar bagi calon konsumen untuk pengajuan kredit ( pendanaan pembiyaan pembelian motor ) dapat di lihat pada tabel di bawah ini :

HTML clipboard

Dokumen

Karyawan

Profesional

Wiraswasta

Perusahaan

Foto Copy KTP

v

v

v

v

Foto Copy Kartu Keluarga

v

v

v


Slip Gaji

v




Foto Copy Surat Ijin Profesi


v



Foto Copy Rekening Koran / Tabungan 3 Bulan Terakhir

v

v

v

v

Foto Copy NPWP



v

v

Foto Copy SIUP & TDP



v

v

Foto Copy Akte Pendirian & Perubahan




v




- Jika anda sudah menikah dan masih punya pasangan ( bagi yang karyawan / profesional / wiraswasta ) maka Foto Copy KTP pasangan anda juga wajib disertakan. Bagi yang punya penjamin maka foto copy KTP penjamin juga disertakan.
- Sertakan pula salah satu rekening terakhir berikut ini : PBB / Rekening Listrik / Rekening Telepon Rumah atau Handphone berlangganan / Rekening PDAM.
- Dua hal di atas untuk mayoritas leasing motor tidak disyaratkan bagi calon konsumen berbentuk perusahaan atau badan hukum. Hanya untuk KTP harus menyerahkan kopian KTP Dewan Direksi & Komisaris beserta Surat Keterangan Domisili.

Setelah semua syarat anda serahkan ( cukup serahkan di petugas dealer tempat anda akan membeli motor ) maka oleh dealer data anda akan diberikan pada petugas survey ( biasanya di perusahaan leasing motor si petugas survey juga menjadi marketing kredit jasa leasing istilahnya CMO atau Credit Marketing Officer ). Perlu diketahui agar praktis umumnya dealer hanya mensyaratkan fotokopi KTP dan nomer telp yang bisa dihubungi. Dokumen sisanya nanti akan diambil petugas survey saat mensurvai ke tempatmu. Anda bisa memilih perusahaan jasa leasing yang dikehendaki. Ingat dalam memilih perusahaan jasa leasing jangan cuma berpatokan pada yang memberi angsuran terendah tapi juga lihat kredibilitas dan pelayanan perusahaan itu. Yang paling sering dikeluhkan yaitu soal penyerahan BPKB tidak tepat waktu saat angsuran berakhir / lunas. BPKB seharusnya disimpan oleh perusahaan leasing tersebut dan bukannya di jadikan jaminan ke leasing lain. Juga ada lagi yaitu masalah fleksibelitas pembayaran angsuran. Minimal pilih yang bisa membayar angsuran bisa di kantor Pos atau via Bank / ATM.

Dalam tempo maksimal 1 x 24 jam si petugas survey akan datang ke tempat anda. Biasanya sebelumnya mereka akan menghubungi anda via no telepon / hp yang telah anda sertakan sebelumnya. Di tangan petugas survei inilah pintu pertama kepastian kredit anda disetujui atau ditolak. Kalau disetujui pasti anda disuruh menandatangani dokumen tertentu dan kuitansi namun jika tidak biasanya akan ditolak secara halus dengan kata – kata “ maaf berhubung kondisinya khusus untuk itu kami akan pertimbangkan ke pimpinan lebih dahulu agar pengajuan kredit disetujui, jika ada kepastian anda secepatnya kami hubungi, terimakasih atas kesediannya menerima kedatangan kami.”

Tips agar kredit motor anda disetujui ( aplikasi permohonan kredit motor diterima ) :
- 1 : Dokumen dan berbagai hal yang disyaratkan harus anda lengkapi serta isi antara fotokopian dan dokumen asli wajib sama. Jangan pula menyerahkan dokumen yang telah kedaluarsa alias terlambat diperpanjang atau tidak berlaku lagi. Ambil angsuran maksimal besarnya 1/3 atau 40 % dari pendapatan bersih anda. Pada umumnya karyawan tetap baik PNS atau Swasta lebih mudah disetujui. Juga pemilik rumah sendiri dan telah menikah. Ada rahasia umum di kalangan leasing yang mewaspadai calon konsumen yang bekerja di sektor penegakan hukum terutama profesi pengacara karena menguasai peraturan maka dicurigai mempermainkan hukum jika terjadi kredit macet. Bagi wiraswastawan jangan memberikan data pendapatan yang tak sesuai dengan usaha kita, contoh anda sebagai nelayan kecil tapi mengaku berpendapatan rata – rata Rp.5.000.000 / bulan , contoh lain anda mengaku sebagai pengusaha dengan penghasilan di atas Rp. 20.000.000 / bulan tentunya tidak logis jika hanya ingin kredit satu motor kelas bebek. Jika anda bermaksud mencari penjamin atau menginginkan nantinya nama dalam BPKB diisi bukan nama anda maka carilah yang kredibel, usia antara 25 tahun s/d 50 tahun dan sehat, serta masih satu keluarga dengan anda.
- 2 : Perbesar uang muka ( DP ) dari minimal yang disyaratkan. Beri DP sebesar minimal 40 % harga motor. Hal ini berlaku bagi anda yang termasuk rawan ditolak.
- 3 : Kalau anda ternyata pelanggan setia di leasing tersebut dengan reputasi baik ( angsuran lancar tanpa masalah ) sudah merupakan nilai plus sehingga survey hanya formalitas saja. Tapi jika anda ternyata sering membuat masalah seperti angsuran macet hingga motor disita ( masuk daftar blacklist ) dijamin pengajuan kredit akan ditolak. Konsumen yang masuk daftar blacklist akan disebar ke sesama leasing hingga dealer motor agar diwaspadai.
- 4 : Usia anda harus minimal 21 tahun atau telah menikah ( tidak sedang sekolah, kalau sedang kuliah tidak masalah ), mempunyai keluarga atau rekan yang punya nomer telepon ( tidak boleh satu rumah / tempat tinggal ).
- 5 : Pemegang kartu kredit yang kredibel cenderung dapat disetujui tanpa survey bertele – tele. Apalagi jika Bank pengeluar kartu kredit ada kerjasama dengan lembaga leasing yang kita pilih.
- 6 : Kenal dengan petugas atau pemilik dealer motor tempat kita akan membeli motor via leasing. Setidaknya dealer akan memberi masukan positif pada petugas leasing.
- 7 : Jika anda punya kedudukan penting di masyarakat atau pemerintahan merupakan nilai plus dan memperbesar peluang aplikasi kredit motor anda disetujui.
- 8 : Jangan bertempat tinggal atau memilih alamat tinggal di wilayah yang masuk daftar hitam lembaga leasing. Lokasi dan posisi anda tinggal juga sangat menentukan. Agak tidak logis untuk anda yang mengaku pengusaha besar namun jalan depan rumahnya saja mobil kecil ndak bisa lewat. Sebuah wilayah masuk daftar hitam jika kebanyakan konsumen di sana selalu menunggak angsuran dan macet, warganya melindungi konsumen penunggak hingga mempersulit upaya penagihan ataupun penyitaan, konsumen di sana rata – rata menggadaikan atau menjual motor yang belum lunas tanpa sepengetahuan pihak leasing, sering terjadi motor yang disita sudah tidak lengkap bahkan sudah tak layak pakai hingga sangat merugikan pihak leasing.
- 9 : Service petugas survey semaksimal mungkin. Semua kredit patokannya untuk dapat disetujui menyangkut 5 hal yaitu character ( karakter = sikap dan reputasi penerima kredit ), capacity ( kapasitas = kemampuan membayar atau mengembalikan pinjaman ), capital ( kapital = harta atau benda berharga yang dimiliki ), collateral ( jaminan yang dimiliki harus bisa menutup saat terjadi angsuran macet ), condition ( kondisi menyangkut berbagai hal seperti usia dan kesehatan pemohon, jumlah tanggungan pemohon, gaya hidup pemohon, hubungan pemohon dengan keluarganya, lingkungan sekitar pemohon tinggal, dsb ). Ini semua akan diketahui saat petugas survei mendatangi anda. Berikut hal yang harus anda lakukan agar survei lancar – Tips survei kredit motor agar lancar ( terutama bagi perorangan ):
· Sebelum petugas datang hafalkan pula nama tetangga sekitar tempat tinggal anda, nama Ketua RT anda tinggal, dan alamat anda lengkap dengan nomer RT dan RW nya, dan jangan sampai petugas tahu seumpama hubungan anda dengan tetangga anda kurang baik. Biasanya petugas survei sebelum ke tempat anda akan bertanya seputar diri anda pada warung atau tetangga sekitar tempat anda tinggal . Sesuaikan ruangan tempat tinggal anda dengan besarnya pendapatan yang anda ajukan, sangat tidak wajar jika berpenghasilan di atas Rp. 1.000.000 / bulan tapi tidak punya kursi tamu, tv, atau benda berharga lainnya. Hafalkan pula fungsi dan harga – harga benda berharga di ruangan anda berikut asal muasalnya. Tidak lucu misal jika di ruang tamu anda ada mesin jahit namun tidak tahu kegunaannya. Dokumen yang harus diserahkan juga harus lengkap, tertata rapi, dan urut. Untuk yang wiraswasta buatlah laporan keuangan sederhana bulanan anda ( meliputi pemasukan dan pengluaran bulanan ). Juga atur dan rapikan sebaik – baiknya tempat yang akan disurvei agar memberikan kesan baik. Oh ya suhu ruangan perlu diatur agar jangan membikin kita berkeringat karena memberikan kesan kita gugup atau berbohong. Selesai itu anda sendiri beserta keluarga ( terutama pasangan / penjamin / nama yang akan dipakai dalam BPKB ) yang harus tampil rapi dan jangan sampai sakit.
· Saat petugas tiba ke tempat anda yang pertama mintalah secara sopan ia menunjukkan tanda pengenal atau surat tugasnya, lalu bersikaplah yang wajar, tenang, dan sopan ( atur sebaik – baiknya sikap duduk, gaya bicara, pandangan mata dsb ). Jamu petugas survei sebaik – baiknya , kalau petugasnya perokok tawarkan saja rokok sebagai tanda persahabatan. Jangan sekali – kali mencoba mengalihkan pembicaraan serta berbohong saat ditanyai pertanyaan krusial semisal soal pekerjaan anda, status tempat tinggal anda, pendapatan anda, dll. Simak dengan seksama pertanyaan yang diajukan si petugas karena menggunakan tehnik silang dan acak serta terkadang diulang – ulang. Logika anda harus betul – betul jalan. Jangan jawab dengan kata ‘Ya’ jika petugas menanyakan apakah tadi ada temannya sudah datang ke tempat anda. Menjawab ‘Ya’ berarti menunjukkan anda pernah disurvei petugas leasing lain dan aplikasi ditolak ( anda dianggap tak layak menerima kredit karena masuk kategori tolakan ). Petugas survei hanya datang mensurvei satu kali saja dan tidak memungut biaya diluar yang telah disyaratkan.Sang petugas leasing ( CMO ) kadangkala didampingi petugas dari dealer motor ( sales counter dealer ).

Jika ternyata anda disetujui, sebelum memberikan tanda tangan pastikan baca dengan seksama peraturan tentang kredit di lembaga leasing tersebut, lalu tanyakan hal – hal berikut ini : cara perhitungan angsurannya berikut sistem bunga yang dipakai, kapan motor akan dikirim ( jika belum tiba ), kapan STNK dan Nopol asli tiba serta cara pengambilannya, bagaimana sistem pembayaran angsurannya, denda yang dikenakan seandainya tidak tepat waktu mengangsur, tata cara pelunasan sebelum waktunya, polis asuransi untuk apa saja, prosedur jika akan mengoper kredit, dan yang terpenting proses pengambilan dan serah terima BPKB ( ada biaya tambahan tidak ).

Oh ya anda jangan heran jika disuruh tanda tangan cukup banyak di atas dokumen serta kuitansi yang masih kosong. Bukan berarti petugas surveynya malas atau leasingnya tidak professional, namun memang prosedurnya demikian. Nantinya setelah ditandatangani , oleh CMO yang bersangkutan akan diberi keterangan secukupnya agar di setujui dan diketahui kordinatornya, barulah kemudian diisi oleh petugas lain bagian di leasing tersebut agar semua prosedur pembayaran, penyerahan, dan pengurusan surat – surat kendaraan tuntas.

Usahakan jangan sampai macet mengangsur ya. Reputasi anda bisa tercoreng. Juga kasihan CMO nya karena ia masih bertanggung jawab terhadap angsuran selama 6 bulan pertama, bisa – bisa waktunya habis buat nagih dan gajinya tekor untuk tombok angsuran. Target yang harus dipenuhi saja sudah susah eh ketambahan beban kredit macet.

Demikianlah sekedar uraian dari kami seputar kredit motor. Kalau ada kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf. Ambil yang positifnya saja. Terimakasih.

Related Posts by Categories



1 comment:

  1. Ada kasus,jika anda seorang wiraswastawan atau seorang blogger yg punya penghasilan besar dari internet ( ppc,ppv,forex,e commerce,MLM online dsb ) terutama google adsense, ingin kredit motor / mobil tapi tak punya NPWP atau TDP bisa coba tunjukan saja rekening koran / deposito dan
    print laporan
    pendapatan. Asal dana dan pendapatan bulanan mencukupi maka kemungkinan besar kredit anda bisa disetujui. Tapi NPWP tetap diurus ya kan WNI yg taat to?

    ReplyDelete

ARTIKEL TERBARU


Blogger Widgets

Download MP3 Lagu Lagu Indonesia - Barat ( Pop Rock Jazz Dangdut Disco Dll Terbaru New )

all cd quality - mp3 - mp4 - mp5 => silahkan masukkan judul lagu atau nama penyanyi yang anda ingin download dalam kotak pencari di bawah ini :

PGP FLASH INFO

Tuju link model rambut pria atau wanita di kolom lifestyle untuk melihat foto - foto rambut seleb populer Indonesia & dunia. Juga dilengkapi info dan gosip terbaru seputar mereka. Celebrity Hairstyles.

Jika anda para sahabat akan kembali ke blog ini, ketikkan alamat url kami secara lengkap sebagai berikut : www.grosirpekalongan.blogspot.com

Terima kasih bagi para sahabat yang telah comment & memberi masukan terbaru. Juga kami ucapkan selamat bergabung menjadi followers PGP. Sukses buat anda semua.


Followers

243

Add to Technorati Favorites Blog Directory Blog Directory & Search engine

Mxdu general directory Links Market My BlogCatalog BlogRank Travel Top Blogs Top Celebrities blogs DigNow.net TopOfBlogs Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net