Grosir Foto Yang Oke Oke

NOSTALGIA YUK............

Soundtrack Klip Drama Silat Mandarin Kenangan Soundtrack Klip Telenovela Kenangan Soundtrack Klip Serial Barat Kenangan Mp3 90an Foto Iklan Jadul 80 90 an
LIFESTYLE
Kacamata Selebritis

Model Gaya Rambut Pria Lelaki Cowok

Gambar Mata Uang Populer Dunia

Model Gaya Rambut Wanita

Artis Dugem

SPG Korea

Merk Mobil China Paling Top

Mobil Kenegaraan Dunia

PGP Search Engine

Custom Search

November 07, 2008

Wind Energy Pembangkit Listrik Tenaga Angin


Kombinasi dari penggunaan listrik tenaga angin, tenaga surya, dan tenaga micro hidro mampu mengatasi krisis energi dan mengurangi pencemaran lingkungan. Untuk tenaga angin selama kincir berputar maka suplai listrik terus terpenuhi walau hari sudah gelap. Ingatlah bahwa matahari meradiasi 1,74 x 1.014 kilowatt jam energi ke bumi setiap jam. Jadi bumi menerima 1,74 x 1.017 watt daya. Kelemahan listrik tenaga angin pada bunyi bising kincir dan resiko tersambar petir serta tidak cocok untuk daerah jalur penerbangan. Apalagi kalau banyak yang bermain layang - layang atau banyak burung terbang jadi mudah tersangkut.

Kali ini kita akan membahas mini pembangkit listrik tenaga angin atau mini wind energy terutama aplikasinya untuk kalangan nelayan yang akibat kondisi ekonomi dan iklim tak kondusif membuat kehidupan mereka kian terjepit.

Pesisir pantai Indonesia kaya akan hembusan angin. Sayangnya potensi energi terbarukan ini tidak dioptimalkan dan justru dianggap musibah. Saat musim angin kencang bertiup mengakibatkan himbauan dan larangan untuk tidak melaut. Karena tidak bisa bekerja mencari ikan efeknya jelas para nelayan kecil tak punya uang dan semakin terjerat lintah darat.

Mari kita lihat tabel kekuatan angin dari www.kincirangin.info
































Sekarang Pemerintah tengah menggalakan program PnPM yang tujuannya membantu masyarakat terutama di pedesaan untuk memberdayakan diri sesuai potensi SDM dan SDA yang ada agar kesejahteraan mereka meningkat. Kaitannya dengan hal ini setidaknya penduduk pesisir pantai yang kebanyakan nelayan miskin tidak ada salahnya meniru para saudaranya di pegunungan telah berhasil memberdayakan alamnya yaitu sungai menjadi PLTMH atau micro hydro energy yang menghasilkan listrik baik untuk konsumsi warga juga bisa dijual ke PLN. Karena pantai kaya akan angin jadi usulkan saja pembuatan pembangkit listrik tenaga angin atau wind energy. Saat para nelayan tak melaut setidaknya tetap punya penghasilan dari penjualan listrik. Bisa juga dana hasil penjualan listrik dikelola oleh koperasi nelayan untuk mengurangi ketergantungan pada lintah darat. Manfaat lain karena ada listrik gratis bisa dimanfaatkan untuk mendukung usaha pengolahan ikan menjadi lebih kompentitif dan ekonomis. Oh ya sebelumnya kursus dulu soal pemeliharaan alat agar tidak dibodohi dan alat terjaga kinerjanya. Semoga saja bisa terwujud ya........


foto produk jadi kincir listrik tenaga angin 350 watt


Kembali ke tehnis pembangkit listrik tenaga angin. Ada dua alternatif yaitu beli yang sudah jadi atau bikin sendiri listrik tenaga angin. Beli sudah jadi tentunya lebih praktis dan sudah diuji serta bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika bikin sendiri memang repot tapi jelas bisa menekan pengeluaran. Cara - cara buat sendiri listrik tenaga angin mutlak dipahami agar hasil optimal.

Kalau beli jadi biasanya buatan RRC atau rekayasa lokal dengan paket daya 350 watt, 500 watt, 1000 watt, 2000 watt hingga puluhan kilowatt. Secara harga memang belum ekonomis karena masih mahal. Paket jadi listrik tenaga angin untuk 350 watt buatan China harganya mulai Rp. 6 jutaan, untuk 500 watt hampir Rp. 15 juta, sedangkan yang 2000 watt sekitar Rp. 30 juta.







http://www.kincirangin.info/plta-gbr.php
Dari situs http://yusufsatya.wordpress.com/2008/07/04/pembangkit-listrik-tenaga-angin/

Mekanisme turbin angin

Sebuah pembangkit listrik tenaga angin dapat dibuat dengan menggabungkan beberapa turbin angin sehingga menghasilkan listrik ke unit penyalur listrik. Listrik dialirkan melalui kabel transmisi dan didistribusikan ke rumah-rumah, kantor, sekolah, dan sebagainya.

Turbin angin dapat memiliki tiga buah bilah turbin. Jenis lain yang umum adalah jenis turbin dua bilah.

Jadi, bagaimana turbin angin menghasilkan listrik? Turbin angin bekerja sebagai kebalikan dari kipas angin. Bukannya menggunakan listrik untuk membuat angin, seperti pada kipas angin, turbin angin menggunakan angin untuk membuat listrik.

Angin akan memutar sudut turbin, kemudian memutar sebuah poros yang dihubungkan dengan generator, lalu menghasilkan listrik. Turbin untuk pemakaian umum berukuran 50-750 kilowatt. Sebuah turbin kecil, kapasitas 50 kilowatt, digunakan untuk perumahan, piringan parabola, atau pemompaan air.

Jenis turbin angin

Dalam perkembangannya, turbin angin dibagi menjadi jenis turbin angin propeler dan turbin angin Darrieus. Kedua jenis turbin inilah yang kini memperoleh perhatian besar untuk dikembangkan.

Pemanfaatannya yang umum sekarang sudah digunakan adalah untuk memompa air dan pembangkit tenaga listrik.

Turbin angin propeler adalah jenis turbin angin dengan poros horizontal seperti baling- baling pesawat terbang pada umumnya. Turbin angin ini harus diarahkan sesuai dengan arah angin yang paling tinggi kecepatannya.

Kecepatan angin diukur dengan alat yang disebut anemometer. Anemometer jenis mangkok adalah yang paling banyak digunakan. Anemometer mangkok mempunyai sumbu vertikal dan tiga buah mangkok yang berfungsi menangkap angin.

Jumlah putaran per menit dari poros anemometer dihitung secara elektronik. Biasanya, anemometer dilengkapi dengan sudut angin untuk mendeteksi arah angin.

Jenis anemometer lain adalah anemometer ultrasonik atau jenis laser yang mendeteksi perbedaan fase dari suara atau cahaya koheren yang dipantulkan dari molekul-molekul udara.

Turbin angin Darrieus merupakan suatu sistem konversi energi angin yang digolongkan dalam jenis turbin angin berporos tegak. Turbin angin ini pertama kali ditemukan oleh GJM Darrieus tahun 1920.

Keuntungan dari turbin angin jenis Darrieus adalah tidak memerlukan mekanisme orientasi pada arah angin (tidak perlu mendeteksi arah angin yang paling tinggi kecepatannya) seperti pada turbin angin propeler.


Kalau anda ingin membikin sendiri ( autotidak buat sendiri ) listrik tenaga angin bisa juga. Desain contoh saja paket mini listrik tenaga angin buatan pabrik.

Saran Prof. Paijo pakar eksperimen tehnologi tepat guna sebagai berikut :
PLTAngin sebenarnya merupakan spesialisai pak Hariom di Yogya, anda bisa melihat diskusi saya dengan beliau di blog saya yang lain ( http://energi.wordpress.com/ ). Prinsip sederhananya, anda harus menyediakan propeler ( baling-baling ), bisa dibuat sendiri atau baling-baling bekas kipas angin besar. Bagian pokok lainnya adalah generator yang dapat dibeli baru di toko teknik atau bekas dinamo pada kendaraan. Secara prinsip, angin akan memutar baling-baling dan poros baling-baling memutar generator menghasilkan listrik. Supaya baling-baling dapat menerima angin dari segala arah, maka rangkaian baling-baling dan generator musti ditempatkan pada sebuah tiang vertikal seperti dudukan kipas angin. Di bagian belakang baling-baling dibuatkan sebuah sirip ekor ( tail ) yang cukup besar agar posisi baling-baling bisa menyesuaikan diri secara otomatis dengan arah angin. Saya ingin sekali segera membantu anda dengan memposting gambar PLTAngin selengkapnya tapi tidak bisa dalam waktu dua-tiga bulan ini karena kesibukan saya mempersiapkan team binaan saya untuk lomba di ITS. Selain itu, sudah banyak antrian pesanan artikel lainnya. Untuk itu saya mohon anda untuk bersabar dulu. Terimakasih dan salam eksperimen.
Untuk membuat kincir angin, pada prinsipnya dapat digunakan generator jenis apapun asal kondisinya bagus dan dayanya cocok. Jadi alternator mobil juga bisa dipakai. Pada sebagaian besar jenis alternator mobil, tidak menggunakan magnet permanen tetapi menggunakan magnet listrik ( elektromagnet ). Untuk mengaktifkan elektromagnet tersebut diperlukan listrik arus searah ( DC ) yang bisa diperoleh dari akumulator ( aki ).
Mengenai cara pembuatan, ada beberap hal yang musti mendapat perhatian khusus. Pertama, daya dari kincir angin musti lebih besar daripada daya generator ( alternator ). Yang kedua, jika kecepatan kerja ( RPM ) dari kincir berbeda jauh dengan kecepatan kerja ( RPM ) dari generator ( alternator ) maka poros kincir dan poros generator tidak bisa disambung secara langsung. Jika RPM kincir lebih tinggi daripada RPM generator, maka diperlukan sistem pereduksi. Jika RPM kincir lebih rendah daripada RPM generator, maka diperlukan sistem multiplikasi. Tentang sistim pereduksi putaran tersebut telah saya bahas dalam artikel PENGHUBUNG MESIN DENGAN GENERATOR.
Karena banyak netter yang berminat tentang kincir angin, maka akan mencari waktu untuk menulis artikel khusus yang membahas tuntas tentang seluk beluk teknis kincir angin tersebut. Terimakasih dan salam eksperimen.

Untuk kelas sederhana ( hasil maks 500 watt ) bahan yang perlu dipersiapkan yaitu :
- Bahan untuk baling - baling untuk diameter 1 m s/d 1,7 m
- Altenator mobil atau generator khusus tenaga angin. Harga altenator mobil mulai Rp. 500rb.
- Tower ( bisa dari apa saja yang penting aman dan kuat )
- Kabel listrik sesuai kebutuhan
- Dioda untuk 12 volt sebanyak 2 buah
- Baterai atau aki mobil setidaknya kapasitas 45 AH
- Inverter untuk 600 watt
Intinya putaran baling - baling dihubungkan dengan alternator agar menghasilkan arus listrik untuk mensuplai aki. Dioda berfungsi sebagai penyearah agar arus yang telah disimpan aki tidak kembali ke alternator. Kalau ada dana lebih bisa juga dipasang ampere meter dan anemomter agar akurat. Walau listrik yang dihasilkan gratis namun gunakan dengan bijak agar tidak tekor. Selamat berkarya.

Tags : cara bikin / buat sendiri pembangkit listrik tenaga angin, merk generator dinamo pembangkit listrik tenaga angin, langkah langkah pembuatan / perakitan listrik tenaga angin, kelebihan kelemahan listrik tenaga angin, pakar ahli listrik tenaga angin, gambar bagan skema diagram pembangkit listrik tenaga angin, jual grosir dagang online paket dan sparepart alat listrik tenaga angin.

Related Posts by Categories



12 comments:

  1. pak saya mintak tolong di ajari pembuat listrik tenaga angin lengkap bahan dan cara pembuatnya tolong dikirim k email saya achong_coll0304@yahoo.com makasih

    ReplyDelete
  2. mengenai bahannya dapetinnya darimana?
    karena bahan untuk membuatnya susah di cari.. dan kalau mau beli jadi ada rekomendasi toko lokal? jangan RRC kejauhan

    reno_djs@yahoo.com

    terima kasih and mohon di bales ke email yah

    ReplyDelete
  3. silahkan coba ke tokosurya.com

    ReplyDelete
  4. saya jg mau diajarin

    plisss

    wildan_indrawan@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. kirimin tutorial lengkapnya dari awal sampe akir.
    kirim ke yuzzzha@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Asyiik juga nieuy...Kalo untuk ngidupin kompresor selama 4 jam aja kira2 butuh yg berapa Watt ya Pak. Trus, Mohon info tempat pembelian PLT Surya dan Angin di seputar Solo-Jojga dan sekitarnya? Tentunya yang memberi harga sedikit miring...:) via email: marabunta_00@yahoo.com

    Terimakasih full!

    ReplyDelete
  7. Bagi yang ingin tahu lebih banyak coba kontak ke darwin1997@hotmail.com, besar kemungkinan anda akan mendapatkan informasi yang anda inginkan, GRATIS, atau coba buka blog http://darwin1997.wordpress.com

    ReplyDelete
  8. pak kalo mo pesan jadi kincir angin pembangkit listriknya bisa ga?
    dmn belinya,tolongminta infonya.
    email ja ke p_widjysh@ymail.com

    ReplyDelete
  9. I do accept as true with all the concepts you have introduced in your post.

    They're really convincing and can definitely work. Still, the posts are too short for newbies. Could you please extend them a bit from subsequent time? Thanks for the post.

    my weblog :: stretch Mark removal and Home remedy

    ReplyDelete
  10. I always used to read paragraph in news papers but now
    as I am a user of internet thus from now I am using net for articles or reviews, thanks to web.


    my web page Partyhymns.Com

    ReplyDelete
  11. minta tolong kirimin cara buat kincir anginnya, klo bisa pke bahan yg mudah ditemuin .
    kirim ke agustinawulansari29@yahoo.com . makasih

    ReplyDelete
  12. Tߋday, I went to the beach fгont with my children. I foսnd a seа
    shell and gave it tо my 4 year old dɑuǥhteг and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." ՏҺe placed the shell to her еar and screamed.
    There was a hermit crab insіde and it pinched her ear. She
    never wаոts to go back! LoL I knօw this
    iѕ totally off tοpic bսt I had to tell somеonе!


    Also visit my աebpage - Godaddy coupons

    ReplyDelete

ARTIKEL TERBARU


Blogger Widgets

Download MP3 Lagu Lagu Indonesia - Barat ( Pop Rock Jazz Dangdut Disco Dll Terbaru New )

all cd quality - mp3 - mp4 - mp5 => silahkan masukkan judul lagu atau nama penyanyi yang anda ingin download dalam kotak pencari di bawah ini :

PGP FLASH INFO

Tuju link model rambut pria atau wanita di kolom lifestyle untuk melihat foto - foto rambut seleb populer Indonesia & dunia. Juga dilengkapi info dan gosip terbaru seputar mereka. Celebrity Hairstyles.

Jika anda para sahabat akan kembali ke blog ini, ketikkan alamat url kami secara lengkap sebagai berikut : www.grosirpekalongan.blogspot.com

Terima kasih bagi para sahabat yang telah comment & memberi masukan terbaru. Juga kami ucapkan selamat bergabung menjadi followers PGP. Sukses buat anda semua.


Followers

243

Add to Technorati Favorites Blog Directory Blog Directory & Search engine

Mxdu general directory Links Market My BlogCatalog BlogRank Travel Top Blogs Top Celebrities blogs DigNow.net TopOfBlogs Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net