Grosir Foto Yang Oke Oke

NOSTALGIA YUK............

Soundtrack Klip Drama Silat Mandarin Kenangan Soundtrack Klip Telenovela Kenangan Soundtrack Klip Serial Barat Kenangan Mp3 90an Foto Iklan Jadul 80 90 an
LIFESTYLE
Kacamata Selebritis

Model Gaya Rambut Pria Lelaki Cowok

Gambar Mata Uang Populer Dunia

Model Gaya Rambut Wanita

Artis Dugem

SPG Korea

Merk Mobil China Paling Top

Mobil Kenegaraan Dunia

PGP Search Engine

Custom Search

December 03, 2008

All About Kain Denim ( Denim Fabric ) & Jeans / Jins



PENGETAHUAN DASAR TENTANG KAIN DENIM & JEANS


Jeans atau jins bukan barang aneh lagi bagi masyarakat kita. Benda ini biasa kita pakai untuk berbagai kegiatan kita. Tapi ada aturan baku yang masih berlaku yaitu jeans tidak boleh dipakai untuk acara formal. Mungkin hal ini karena asal mula pelopor pemakai jeans kaum pekerja rendahan untuk pekerjaan kasar di lapangan sehingga terkesan kurang sopan dipakai untuk kegiatan formal dalam ruangan. Terlebih busana jeans dipopulerkan oleh kaum yang dianggap kurang terhormat atau berandalan pada waktu itu. Banyak yang salah kaprah menyebut jeans itu kain padahal yang benar pengertian jeans atau jins yaitu bentuk busana ataupun aksesoris olahan dari kain denim, bentuk ini bisa berupa baju, celana, jaket, topi, dsb.

Kain denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas atau populer disebut katun ( cotton ). Kain ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu. Denim pada mulanya digunakan untuk keperluan pelayaran dan bukan untuk busana. Penggunanya kebanyakan industri pelayaran Perancis dan Republik Genoa yang sekarang menjadi bagian Italia modern. Pada tahun 1800 an di Genoa dicoba membuat celana dari bahan kain denim ini. Ternyata celana dari denim ini banyak yang menyukai tidak hanya masyarakat Genoa melainkan juga warga Perancis. Dari sinilah penyebutan istilah jeans berasal. Masyarakat Perancis menamai celana dari denim buatan Genoa dengan nama Genes atau celana dari Genoa. Orang Inggris dan Amerika melafalkannya menjadi Jeans. Jadi jelaslah kain denim itu bahan untuk membuat celana yang dinamai Jeans atau di indonesia disebut Jins.


Karakter awal celana Jeans yang dibuat pertama kalinya tentu belum senyaman masa sekarang. Yang diutamakan tentu kekuatannya dalam menunjang pekerjaan lapangan yang keras dan kasar. Banyak pekerja tambang Amerika memakai celana jeans sehari - harinya. Bicara soal bisnis busana jeans tidak bisa lepas dari rintisan perusahaan Levi's (
Levi Strauss & Co. (LS&CO) ). Bentuk celana jeans modern yang nyaman dan trendi buah dari kreativitas desainer Levi's. Didirikan pada tahun 1873 di San Fransisco Amerika Serikat. Pada mulanya seorang penjahit Nevada Amerika asal Latvia bernama Jacob Davis mendapat order memperbesar dan merekayasa celana milik suami seorang wanita konsumennya. Ia kemudian menambahkan celana itu dengan bahan kanvas yang dibelinya dari toko kain milik Levi Straus seorang imigran Yahudi dari Bavaria Jerman. Jacob juga memberikan aksesoris kecil dari tembaga ( semacam kancing ) untuk menghias kantong di celana itu. Hasilnya sebuah celana model baru yang lebih kuat namun nyaman untuk penambang. Lalu Jacob berpikir untuk mematenkan karyanya itu serta berproduksi massal. Karena tak punya dana cukup maka ia menggandeng Levi Straus sebagai mitra bisnisnya. Bersamaan dengan turunnya hak paten pada 20 Mei 1973 berdiri pulalah perusahaan Levi Strauss & Co. Perusahaan ini spesialis membuat celana denim yang populer bernama Jeans dengan merk atau brand Levi's. Jacob Davis menjadi manajer produksi hingga ia meninggal tahun 1908. Mitranya Levi Strauss meninggal lebih dahulu pada tahun 1902 dalam usia 73 tahun. Perusahaan Levi Strauss & Co sangat sukses dan produknya menjadi prestise tersendiri bagi konsumennya.

Kembali ke kain Denim. Dry Denim ( Raw denim ) atau kain denim kering yaitu kain denim yang tidak dicuci setelah proses pewarnaan. Jika untuk produksi tapi denim dicuci terlebih dahulu setelah pewarnaan termasuk Washed Denim. Sebenarnya nyaris tak ada bedanya karena pencucian untuk melembutkan kain dan menghilangkan zat -zat kimia efek pewarnaan. Bentuk kainnya ya seperti produk busana Jeans itu. Selvage Denim / selvedge denim merupakan jenis kain denim yang tehnik penenunannya khusus untuk menghasilkan kain denim yang lebih ringan dan lembut. Pewarnaan kain denim ada dua cara yaitu dengan pewarna Indigo ( cara tradisional ) untuk menghasilkan warna biru, dan cara pewarnaan Sulphur untuk menghasilkan warna non biru. Sekarang kain denim disamping murni katun juga bisa ditambah atau dicampur polyester, lycra, rayon dll.
Busana jeans yang seperti sekarang mulai digandrungi masyarakat AS dan seluruh dunia pada tahun 1950 an. Anak anak muda jaman itu yang mulai memakai jeans untuk merubah gaya penampilan. Sebelumnya jeans hanya dipakai pekerja kasar dan para peternak alias cowboy. Maka busana jeans juga dimunculkan dalam bentuk selain celana seperti jaket keans, rok jeans, kemeja jeans, sepatu jeans, topi jeans dll. Pembuatannya juga mengkombinasikan kain denim dengan kain lain agar semakin menarik.

Produsen kain denim terbesar di dunia dipegang oleh Nien Hsing Textile Co.Ltd asal Taiwan dengan produksi total mencapai 9 juta yard per bulan. Perusahaan ini tidak hanya memiliki lokasi pabrik di Taiwan tapi juga di seluruh dunia terutama di Lesotho Afrika dan Nikaragua Amerika Tengah. Untuk produsen kain denim sebagai bahan jeans asal Indonesia antara lain PT. APAC INTI CORPORA Bawen Kabupaten Semarang, PT. BATAM TEXTILE Ungaran Kabupaten Semarang, PT.
NAGAMAS TEXTILES Majalaya, CV. Bandung Djaja Textile Mills ( Badjatex ) Bandung, PT. Garuda Mas Semesta ( Gamatex ) Cimahi, dll.

Perajin busana jeans yang ternama di Indonesia berpusat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di Jawa Barat berpusat di Bandung dan Majalaya dengan kawasan Dago sebagai pusat grosirnya. Tentu saja untuk nasional tetap Grosir Tanah Abang paling besar. Wilayah Jawa Tengah jelas Kabupaten Pekalongan sebagai basis perajin jeans. Kecamatan Kedungwuni sebagai pusat konveksi jeans dan usaha pendukungnya seperti pencucian jeans, jual beli mesin konveksi, loper jeans, dan tentu saja penyuplai kain denim. Grosir Jeans Pekalongan yang resmi memang belum ada dan ikut Grosir Batik. Karena perajin kecil lebih suka meniru desain merk jeans ternama maka resiko terkena sanksi UU Haki jadi lebih besar bila tidak hati - hati. Jangan sampai membuat jeans bajakan yang sampai memalsu merk segala.

Merk busana jeans internasional yang ternama antara lain Levi's, Sergio Valente, Calvin Klein, Diesel, Guess, Energie, Lee, Lea, Tira, Cardinal, Wrangler, Emba, Lois, Carvil, JJ Jeans, Gabrielle dll.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

ARTIKEL TERBARU


Blogger Widgets

Download MP3 Lagu Lagu Indonesia - Barat ( Pop Rock Jazz Dangdut Disco Dll Terbaru New )

all cd quality - mp3 - mp4 - mp5 => silahkan masukkan judul lagu atau nama penyanyi yang anda ingin download dalam kotak pencari di bawah ini :

PGP FLASH INFO

Tuju link model rambut pria atau wanita di kolom lifestyle untuk melihat foto - foto rambut seleb populer Indonesia & dunia. Juga dilengkapi info dan gosip terbaru seputar mereka. Celebrity Hairstyles.

Jika anda para sahabat akan kembali ke blog ini, ketikkan alamat url kami secara lengkap sebagai berikut : www.grosirpekalongan.blogspot.com

Terima kasih bagi para sahabat yang telah comment & memberi masukan terbaru. Juga kami ucapkan selamat bergabung menjadi followers PGP. Sukses buat anda semua.


Followers

243

Add to Technorati Favorites Blog Directory Blog Directory & Search engine

Mxdu general directory Links Market My BlogCatalog BlogRank Travel Top Blogs Top Celebrities blogs DigNow.net TopOfBlogs Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net