Grosir Foto Yang Oke Oke

NOSTALGIA YUK............

Soundtrack Klip Drama Silat Mandarin Kenangan Soundtrack Klip Telenovela Kenangan Soundtrack Klip Serial Barat Kenangan Mp3 90an Foto Iklan Jadul 80 90 an
LIFESTYLE
Kacamata Selebritis

Model Gaya Rambut Pria Lelaki Cowok

Gambar Mata Uang Populer Dunia

Model Gaya Rambut Wanita

Artis Dugem

SPG Korea

Merk Mobil China Paling Top

Mobil Kenegaraan Dunia

PGP Search Engine

Custom Search

December 20, 2008

Tips Memilih Web / Blog / Situs Belanja Online ( Ecommerce )

Perekonomian Indonesia yang tengah mencoba bangkit kini menghadapi badai baru bernama Krisis ekonomi global. Kali ini tampaknya cukup riskan mengingat krisis keuangan justru dialami negara - negara maju yang notabene merupakan pasar ekspor produk nasional. Untuk mensiasati hal ini beberapa produsen yang biasa mengekspor produknya kini mencoba mengalihkan pasarnya ke dalam negeri. Yang untung jelas konsumen lokal karena banyak barang beredar berarti harga turun. Tapi kalau banyak yang kena PHK jelas tidak kondusif bagi perekonomian nasional.

Salah satu bisnis yang tetap eksis di masa krisis ekonomi adalah bisnis berbasis kreatifitas. Bentuk bisnis kreatifitas salah satunya ialah mendirikan situs / web / blog belanja online alias ecommerce. Sebelum blog populer seperti saat ini maka untuk mendirikan situs ecommerce harus bikin website yang tentunya perlu keahlian karena harus menguasai pemrogaman html, php, javascript,desain dsb. Di samping perlu keahlian juga memerlukan dana untuk sewa hosting dan beli domain yang saat blog belum populer ( tahun 2006 ke bawah ) kapasitasnya cukup minim ( di bawah 100 mb ) dengan harga sewa lumayan. Bandingkan dengan blogger yang punya kapasitas 2 Gb serta gratis pula.

Adanya blog seperti blogger jelas sangat membantu masyarakat yang minim pengetahuan pembuatan web untuk memiliki web / blog sendiri secara mudah dan gratis.
Untuk membuat blog bisa menggunakan petunjuk / tutorial / cara membuat blog dari blogger di bawah ini :

1. Kunjungi blogger.com (klik)

2. Masukkan account Gmail di “nama pengguna (Email)” dan password di “Kata Sandi”.
Kalau belum punya Gmail, daftar dulu di Gmail.com.
a. Isi “Nama Tampilan” di kotak. Contoh: Nama Saya
b. Kasih tanda tik (check) pada “Penerimaan Persyaratan”
c. Klik “Lanjutkan”.

3. Pada “Judul Blog” -> isi dengan Judul yang diinginkan. Contoh Sale Batik Blog
4. Pada “Alamat Blog” -> isi dengan alamat URL. Contoh, salebatikmurah.
Jangan lupa klik “Cek Ketersediaan” untuk mengetahui apakah alamat URL yang dipilih belum ada yang punya. Coba buat alamat lain kalau alamat tidak tersedia.

5. Klik “Lanjutkan”

6. Pada “Pilih Sebuah Template” klik “Lanjutkan”

7. “Blog Anda Telah Diciptakan!” -> Anda sudah berhasil membuat blog

8. Klik “Mulai Blogging” untuk menulis artikel.

9. Di “Judul” isi kotak dengan judul artikel yang akan ditulis. Contoh: Menulis di Blog

10. Isi kotak di bawahnya dengan artikel.

11. Klik “Mempublikaikan Posting”

12. Selamat! Anda berhasil membuat blog dan memposting Artikel.

Bagi pengguna blogger.com / blogspot, walaupun template asli (default) blogspot tidak ada yang bagus, tapi kita dapat kesempatan luas untuk memilih template bikian desainer template. Lihat daftar desain template dan cara meng-upload-nya di sini.
sumber : www.fatihsyuhud.com


Kembali ke soal ecommerce. Adanya blog yang juga bisa dimanfaatkan sebagai ecommerce atau untuk penjualan produk dan jasa online via internet membuat bisnis ecommerce di Indonesia makin marak saja. Belum adanya asosiasi atau organisasi resmi pengusaha bisnis online di Indonesia dikhawatirkan pelaku bisnis ecommerce tidak ada rambu - rambunya sehingga saling mematikan. Tetapi untunglah hal ini tak terjadi.


Bagi yang ingin belanja lewat blog belanja online berikut tips sederhana agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan ( ditipu dll ) :

- Saat membuka / meload blog belanja online yang anda tuju coba perhatikan ada popup nya tidak. Jika ada perlu kehati - hatian saja karena disamping merepotkan juga bikin berat loading serta boros bandwith bagi yang pakai sistem kuota bandwith.

- Setelah blog yang anda tuju selesai dibuka, perhatikan desain dan navigasinya. Situs atau blog ecommerce yang baik justru minimalis ( agar cepat diload ), produk didisplay di halaman utama ( home ), selalu update, dan navigasinya tidak rumit.

- Lihat dahulu profil pengelolanya atau penjualnya ( contact us / about us / profile ). Penempatan keterangan pengelola biasanya ada di bawah atau atas. Jika susah dicari patut diwaspadai. Keterangan pengelola mutlak harus ada dan harus lengkap dan jelas ( nama lengkap, nama perusahaan / nama usaha, alamat resmi komplit dengan nomer telepon ( usahakan bukan nomer hp saja tapi juga nomer telepon rumah telkom )). Lebih bonafide lagi jika dilengkapi foto diri, foto kantor, foto proses produksi atau pengemasan, dsb. Reputasi pengelola di dunia nyata juga menjadi pertimbangan.

- Perhatikan lama blog itu berdiri. Paling mudah dengan melihat tanggal postingan. Jika tidak ada dan ragu akan keaslian tanggal postingan bisa dicheck saja ranking Alexanya. Check di sini . Semakin sedikit ranking Alexa berarti menandakan jumlah pengunjung yang masuk atau berkunjung di blog itu semakin banyak. Blog yang baru berdiri kebanyakan Alexa ranknya besar, kecuali sang pengelola memang mempunyai reputasi bagus dan rajin promo sehingga walau masih baru langsung punya banyak tamu.

- Jika sudah yakin dengan pengelola barulah lihat produknya. Akan lebih bagus jika produk terfoto jelas secara 3 dimensi ( tampak depan, belakang, dan samping ). Produk terbaru atau terlaris biasanya didisplay di halaman muka atau postingan terbaru. Keterangan mengenai produk juga detail dan mudah dipahami. Disarankan rajin browsing untuk mencari harga dan ongkos kirim paling bersaing.

- Lalu baca dengan seksama cara pembelian, pengiriman, dan garansi yang ditawarkan. Situs ecommerce wajib memberikan garansi karena menyangkut kepercayaan dan kepuasan.

- Lihat cara pemesanannya. Ecommerce yang bagus ada keranjang pembelian berikut keterangan jumlah yang harus dibayar secara otomatis. Jika tidak ada bisa lewat email resmi atau kotak pesanan. Pengelola yang baik harus melayani atau menanggapi order maksimal dalam tempo 1 x 24 jam. Paling bonafide jika pengelolanya selalu online via telepon, messenger, web camera dsb untuk melayani pertanyaan dan pemesanan.

- Sebelum memesan pastikan dahulu cara pembayarannya. Kebanyakan di Indonesia sistem transfer. Lihat rekening bank sebagai tujuan transfer. Usahakan rekening itu benar - benar milik pengelola dengan melihat nama pemilik rekening. Juga lihat lokasi bank tempat rekening dibuka dengan alamat pengelola. Jika beda lokasi bahkan terlalu jauh lebih baik urungkan saja membeli di situ. Jika pengelola membuka tehnik pembayaran lain pelajari dan cek dahulu keabsahannya.

- Lihat sekali lagi di situs / blog tersebut mungkin ada testimoni sebagai ucapan kepuasan konsumen. Setidaknya karena berbentuk blog maka kotak komentar harus ada. Walau kurang signifikan baca pula komentar pengunjung pada blog belanja online itu ( jika ada ).

- Setelah yakin bolehlah anda sekarang order. Mintalah kuitansi pembelian untuk ikut dipaketkan bersama produk. Jangan lupa berdoa semoga pilihan anda tidak salah dan tidak menimbulkan masalah.

- Jika lebih dari dua minggu ( waktu maksimal perkiraan paket tiba ) produk belum juga tiba segeralah diurus. Tanyakan ke pengelola belanja online dan kantor perwakilan jasa paket di kota anda yang dipakai.

Semoga bermanfaat, jika ada kekurangan kami mohon maaf. Terimakasih buat Bung Fatih Syuhud.

Related Posts by Categories



1 comment:

ARTIKEL TERBARU


Blogger Widgets

Download MP3 Lagu Lagu Indonesia - Barat ( Pop Rock Jazz Dangdut Disco Dll Terbaru New )

all cd quality - mp3 - mp4 - mp5 => silahkan masukkan judul lagu atau nama penyanyi yang anda ingin download dalam kotak pencari di bawah ini :

PGP FLASH INFO

Tuju link model rambut pria atau wanita di kolom lifestyle untuk melihat foto - foto rambut seleb populer Indonesia & dunia. Juga dilengkapi info dan gosip terbaru seputar mereka. Celebrity Hairstyles.

Jika anda para sahabat akan kembali ke blog ini, ketikkan alamat url kami secara lengkap sebagai berikut : www.grosirpekalongan.blogspot.com

Terima kasih bagi para sahabat yang telah comment & memberi masukan terbaru. Juga kami ucapkan selamat bergabung menjadi followers PGP. Sukses buat anda semua.


Followers

243

Add to Technorati Favorites Blog Directory Blog Directory & Search engine

Mxdu general directory Links Market My BlogCatalog BlogRank Travel Top Blogs Top Celebrities blogs DigNow.net TopOfBlogs Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net